Wednesday 19 August 2015

Cara Mudah Daftar Blog Wordpress Gratis

Mempunyai sebuah blog dan mengisi blog tersebut dengan hal yang positif dan bermanfaat untuk diri sendiri dan juga orang lain adalah sebuah perbuatan yang mulia. Entah sekecil dan semudah apapun ilmu dan juga pengetahuan yang diberikan melalui sebuah tulisan di blog tentu membawa nilai dan citra positif karena siapa yang berbagi ilmu maka ilmunya akan terus bertambah.

Untuk memiliki sebuah blog, kita harus mendaftarkannya tetapi untuk mempunyai sebuah blog haruslah mempunyai sebuah Email, karena email merupakan gerbang pembuka dalam membuat sebuah blog, jika belum tahu bagaimana cara membuat email silahkan baca artikel berikut (baca: Membuat Email Gratis Berbasis Gmail).

Oke, saya asumsikan saat ini anda telah mempunyai sebuah email milik google atau yang biasa dikenal dengan nama Gmail. Langkah selanjutnya adalah memilih dan menentukan apakah kita akan membuat blog milik google atau milik wordpress atau penyedia blog lainnya (baca: Pilih Blogger atau Wordpress).
Oke dalam artikel kali ini kita akan membahas Cara Mudah Daftar Blog Wordpress , tetapi jika anda ingin membuat blog dengan blogger tak ada salahnya dan silahkan membaca artikel berikut (baca: Cara Membuat Blog Berbasis Blogger).

Oke selanjutnya kita akan mengikuti tahap demi tahap dalam membuat blog berbasis wordpress dan silahkan anda simak dengan baik-baik, adapun langkah Cara Mudah Daftar Blog Wordpress adalah sebagai berikut :

  • Kunjungilah situs wordpress untuk membuat sebuah blog baru gratiss, dihalam berikut ini www.wordpress.com, dan klik buat situs web.
 
Situs Wordpress
  • Masukkan alamat situs atau nama URL yang anda inginkan. Sebagai contoh saya menginginkan nama blog saya yaitu jujunsumarna.wordpress.com karena saya menginginkan sebuah nama blog pribadi milik saya. Sampai terdapat tanda ceklis berwarna hijau artinya alamat blog tersebut tersedia, jika tidak tersedia maka ganti dengan nama lain.
Masukkan Nama URL

  •  Langkah selanjutnya adalah isikan identitas anda seperti surel (Email), nama pengguna (username) dan sandi. Ingat nama pengguna dan sandi(password) sebaiknya anda simpan agar tidak lupa pada saat anda login dengan akun anda. Pada saat mengisi pastikan semua muncul tanda ceklis yang berwarna hijau yang menandakan anda berhasil.
 
Masukkan Identitas
  • Langkah selanjutnya adalah memilih alamat custom(alamat berbayar) jika anda ingin nama domain anda menjadi jujunsumarna.com bukan jujunsumarna.wordpress.com, namun untuk saat ini cobalah yang gratis terlebih dahulu, maka klik tombol "Tidak, Terima Kasih".
 
Custom Domain

  •  Selanjutnya adalah, pilih tema sesuai dengan keinginan dan kesukaan anda.
Memilih Tema Blog

  •  Tahap terakhir adalah memilih paket wordpress yang anda inginkan, tapi saran saya untuk memilih gratis terlebih dahulu, maka klik tombol "Pilih Gratis"
 
Paket Wordpress
  •  Selanjutnya adalah memvalidasi akun anda agar tetap aktif dan bisa digunakan pada wordpress dengan memvalidasinya melalui email yang anda daftarkan sebelumnya.
 
Memvalidasi Email
  •  Maka setelah memvalidasi, anda bisa login dengan menggunakan username(nama pengguna) atau alamat email anda dan juga password yang anda gunakan pada saat mendaftar.
 
Login Ke Menu Wordpress
  • Selamat akun anda telah aktif dan anda bisa memulai blog sesuai dengan apa yang anda rencanakan.
 
Blog Anda Telah Aktif

  •  Untuk tampilan awal situs kira-kira tampilannya seperti ini
Tampilan Blog Pertama

Itulah Cara Mudah Daftar Blog Wordpress, semoga artikel ini membantu anda dalam membuat blog yang anda inginkan dan pada artikel berikutnya akan dibahas Cara Membuat Postingan Pertama Pada Blog Wordpress.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar anda mengneai artikel yang telah dibahas, komentar yang anda berikan sangat berarti untuk kemajuan dan juga evaluasi pada blog ini.