Sunday 16 August 2015

Mengenal Content Management System

Logo Dunia CMS
Semakin berkembangnya dunia teknologi tentu membawa perubahan dan dampak yang sangat signifikan, diantarnaya adalah dalam dunia teknologi informasi dan komunikasi. Dahulu untuk membuat sebuah program haruslah menguasai bahasa pemrograman dan sangat kompleks dalam membangun sebuah program. Namun dalam perkembagannya dunia teknologi semakin memanjakan para penggunanya salah satunya adalah dalam perancangan dan pembuatan sebuah website.


Dalam membuat sebuah website diperlukan sebuah pemahaman bahasa pemrograman yang sedikit rumit seperti html, css, javascript, php dan juga mysql. Namun pada saat ini dengan hadirnya sebuah teknologi yang makin memanjakan penggunanya dalam membuat sebuah website sangatlah mudah yaitu dengan menggunakan sebuah CMS (baca : Content Management System). 

Jadi Conten management system (CMS) atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan Konten managemen isi adalah  perangkat lunak yang digunakan untuk menambahkan atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs web berupa teks, gambar, suara, video dan lain sebagainya.

Dalam perkembangannya sudah banyak CMS  yang bertebaran di dunia ini mulai dari yang gratis sampai yang berbayar, mulai dari yang sederhana sampai yang kompleks, semua tergantung dari kebutuhan dan juga keinginan dari seorang yang menggunakannya.

Tentu dengan hadirnya sebuah CMS turut membantu pengguna dalam membangun sebuah website yang kurang atau tidak memahami bahasa pemrograman sekalipun. Dengan begitu tiap harinya semakin banyak website ataupun blog baru yang bermunculan di dunia ini. Adapu contoh beberapa instansi besar baik perusahaan, sekolah, kampus dan yang lainnya yang menggunakan CMS dapat di baca di artikel selanjutnya (baca: Daftar 10 Situs yang dibangun dengan menggunakan CMS).

No comments:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar anda mengneai artikel yang telah dibahas, komentar yang anda berikan sangat berarti untuk kemajuan dan juga evaluasi pada blog ini.