Saturday 15 August 2015

Mengenal Blog dan Fungsinya

Logo Blogspot
Seiring perjalanan perkembangan zaman yang begitu pesat, sehingga menyebabkan berkembangnya dunia IT (Informasi Teknologi) dalam bidang pendidikan, kesehatan, militer, perdagangan dan masih banyak yang lainnya. Perkembangan tersebut tentunya harus diapresiasi dan juga di sadari bahwa setiap harinya ilmu terus berkembang pesat, sehingga harus di ikuti perkembangannya jika tidak ingin ketinggalan atau dikenal dengan istilah “kudet” .
Selain perkembangan ilmu pengetahun dan teknologi, informasi yang beredar setiap harinya pun selalu berubah-ubah setiap saat, mulai dari berita nasional dan internaisonal. Hal ini lantaran begitu bebasnya dunia internet, sehingga tidak ada lagi jarak antara pengguna internet.

Salah satu cara untuk menyebarkan informasi didunia internet adalah dengan menggunakan media blog, apa itu blog dan apa fungsinya? Mari kita Mengenal Blog dan Fungsinya dengan menyimak uraian berikut ini :

Menurut Situs Wikipedia “Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum”. Jadi dari pengertian blog tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa blog adalah sebuah catatan pribadi seseorang atau sekelompok orang untuk berbagi kepada pengguna internet lainnya dalam rangka memberikan informasi kepada pengguna internet. Informasi yang dibagikan melalui blog pun bermacam-macam, bisa berbagi dalam hal politik, berita, pendidikan, tutorial, motivasi dan lain sebagainya tergantung dari si pemilik blog yang menentukan isi dari blog tersebut.

Selain fungsi blog sebagai media berbagi ilmu dan pengalaman, ternyata terdapat beberapa fungsi blog yang lain yaitu :

Sebagai Media Pembelajaran

Sejauh ini sudah banyak guru yang memanfaatkan blog dalam media pembelajaran, selain praktis guru pun dapat dengan mudah memebrikan materi dan juga soal-soal latihan kepada siswanya, dengan begitu siswa tidak lagi terpaku dengan pembelajaran yang dilaksanakan didalam kelas, karena siswa pun dapat dengan mudah mengakses materi yang diberikan melalui blog yang dibuat oleh guru yang mengajar.

Sebagai Media Sillaturahmi

Dengan pengguna blog yang semakin banyak setiap harinya, tentunya membawa warna tersendiri untuk dunia blog, dengan banyaknya para blogger tentu akan membuka sebuah komunitas-komunitas blog dan dengan hal ini tentunya akan berdampak baik salah satunya adalah dengan bertambahnya teman. 

Sebagai Media Pengingat

Hal yang satu ini sangat unik, jika dahulu menulis sebuah catatan harian menggunakan buku diary maka pada saat ini banyak para blogger yang menuliskan cerita hariannya dalam sebuah blog sehingga tidak takut akan hilangnya buku diary tersebut. Selain itu, siswa pun banyak yang mencatat hasil belajarnya melalui media blog sehinnga ketika dia lupa dapat dengan mudah karna telah dicatat di dalam blog miliknya.

Sebagai Media Penghasil Uang

Untuk hal yang satu ini memang sangat menggiurkan, mengapa tidak karna dengan memiliki sebuah blog anda bisa mendapatkan uang hingga jutaan rupiah. Para blogger sejati bekerja keras untuk membuat artikel sebaik dan sebagus mungkin agar artikelnya dapat dipahami dan dimengerti oleh orang lain dan dengan begitu semakin banyak pengunjung yang datang ke blognya maka semakin banyak peluang untuk mendapatkan uang tersebut.

Itulah sekilas artikel tentang Mengenal Blog dan Fungsinya, semoga dengan penjelasan yang singkat ini dapat membantu teman-teman yang sedang ingin belajar nge-blog dan mari kita hidupkan sharing ilmu dan pengetahuan yang kita miliki dalam bidang apapun dengan media blog, sehingga Indonesia menjadi negara yang dapat memanfaatkan internet untuk kegiatan positif.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar anda mengneai artikel yang telah dibahas, komentar yang anda berikan sangat berarti untuk kemajuan dan juga evaluasi pada blog ini.